RS PKU Sampangan

SEMANGGI   |   Sehat-Amanah-Tanggungjawab-Islami

RS PKU Muhammadiyah Sampangan Surakarta merupakan rumah sakit yang mendapatkan rekomendasi  pendirian dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta untuk  di perkenankan peningkatan menjadi RS tipe D dengan surat No : 449/1133 dan mendapatkan ijin pendirian RS dari Walikota Surakarta dengan No : 449/0185/P-02/IMRS/IV/2017.
 

Berlokasi di : Jalan Cempaka No. 3 RT 02 RW 20 Semanggi Pasar Kliwon Surakarta dengan luasan lahan sebesar 2640 meter persegi dan memiliki luas bangunan 1800 meter persegi. Saat ini dalam proses pengembangan in sya Allah akan menjadi seluas 2300 meter persegi dengan bangunan rawat inap 4 lantai.

Odoo • Image and Text

Sejarah Singkat : RS PKU Muhammadiyah Sampangan Surakarta, bermula dari pelayanan RB /BP yang memberikan pelayanan persalinan rawat inap dan balai pengobatan kepada masyarakat sekitar yang berlangsung kurang lebih 60 Tahun, awalnya pelayanan hanya didukung satu dokter umum, dua orang perawat yang memberikan pelayanan secara bergantian yang dibantu tenaga pembantu perawat.

Dengan semakin berkembangnya pelayanan, manajemen menambahkan tenaga medis dan perawat secara bertahap hingga sekarang ketenenagaan sudah semakin lengkap dengan ditambahkannya beberapa jenis pelayanan dr spesialis.

Fasilitas gedung RB/BP yang awalnya hanya merupakan bekas gedung sekolah dan di manfaatkan seadanya untuk memberikan pelayanan poliklinik umum dan bersalin, 6 tahun yang lalu RS PKU Muhammadiyah Surakarta telah membantu dalam mendirikan gedung pelayanan rawat jalan senilai kurang lebih 2 Milyar yang terdiri dari ruang poliklinik, ruang bersalin , kamar operasi, ruang farmasi, ruang rekam medis, perkantoran dan ruang gizi serta ruang laundry.

Manajemen RB/BP sebelumnya menginduk penuh pada RS PKU Muhammadiyah Surakarta, mulai oktober 2012 manajemen dipisahkan dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan sesuai dengan kebijakan pemerintah  perizinan pelayanan di berubah menjadi Klinik Utama.

Dalam perkembangannya, pelayanan Klinik Utama Sampangan juga menginginkan untuk mensukseskan program JKN, maka tahun 2015 mulai bekerjasama dengan BPJS untuk melayani pasien JKN, dan tahun 2016 mulai melayani rawat inap internis.

Dengan semakin meningkatnya tuntutan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan dan bertambahnya pelayanan serta sarana prasarana yang ada maka Klinik Utama PKU Muhammadiyah Sampangan Surakarta meningkatkan jenjang level menjadi RS Tipe D.

Alhamdulillah Pada tanggal 14 Februari 2018 RS PKU Muhammadiyah Sampangan Surakarta resmi menjadi Rumah Sakit dengan turunnya surat ijin operasional RS.


Kepemilikan : Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sampangan Surakarta adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta.  Badan Hukum Persyarikatan Muhammadiyah Surakarta sesuai dengan Surat Departemen Kehakiman Dan Hak Asasasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jendral Administrasi Hukum dan Umum No. C2-HT.01.03.A.165 tanggal 29 Januari 2004 dan mempergunakan Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP) No. 70.056.355.4-526.000.


Falsafah :
Merawat pasien adalah amanah yang diberikan Allah Subhanahu Wata'ala, Kesabaran, Keikhlasan dalam merawat pasien mengharap keutamaan dihadapan Allah Subhanahu Wata'ala.

VISI :
MENJADI PILIHAN UTAMA MASYARAKAT DALAM PELAYANAN YANG ISLAMI.

MISI :
MENYELENGGARAKAN PELAYANAN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP, DENGAN MEMPERHATIKAN NILAI ISLAMI DAN KEMANUSIAAN YANG DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN SECARA ADMINISTRASI, PROFESI, FINANSIAL DAN LEGALITAS HUKUM, UNTUK KESEJAHTERAAN BERSAMA.

TUUJUAN :
Mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya seccara menyeluruh sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tuntunan ajaran Islam.

MOTTO :
SEHAT - AMANAH - TANGGUNG JAWAB - ISLAMI

Nilai Dasar :
Keimanan, Ketakwaan, Kejujuran, Kerja keras, Kerendahan hati, Kesediaan melayani, Integritas, dan Profesionalisme.